Pendidikan
Soal PKN Kelas 5 Semester 1

Soal PKN Kelas 5 Semester 1

Bagian A: Pilihan Ganda

  1. Soal PKN Kelas 5 Semester 1

    Salah satu bentuk keragaman suku bangsa di Indonesia adalah…
    a. Adanya bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan
    b. Keragaman agama yang dianut
    c. Adanya berbagai jenis tarian tradisional
    d. Keragaman flora dan fauna

    Pembahasan: Indonesia dikenal dengan kekayaan suku bangsanya yang memiliki adat istiadat, bahasa daerah, dan tradisi yang berbeda. Pilihan a, b, dan d meskipun merupakan keragaman, lebih merujuk pada aspek bahasa persatuan, agama, dan alam, bukan secara spesifik keragaman suku bangsa. Pilihan c, yaitu tarian tradisional, merupakan salah satu manifestasi dari kekayaan budaya suku bangsa.

  2. Sikap yang mencerminkan pengakuan terhadap keragaman suku bangsa di Indonesia adalah…
    a. Merendahkan suku lain yang berbeda dengan suku kita
    b. Menganggap suku sendiri paling unggul
    c. Menghargai dan menghormati suku bangsa lain
    d. Memaksakan kebudayaan suku sendiri kepada suku lain

    Pembahasan: Menghargai dan menghormati keragaman adalah kunci utama dalam menjaga persatuan. Sikap merendahkan, menganggap unggul, atau memaksakan kebudayaan akan menimbulkan perpecahan.

  3. Tujuan utama diadakannya gotong royong di lingkungan masyarakat adalah…
    a. Untuk memamerkan kekuatan tenaga kerja
    b. Untuk menyelesaikan pekerjaan secara bersama-sama dan ringan
    c. Untuk mencari keuntungan pribadi
    d. Untuk menambah beban pekerjaan

    Pembahasan: Gotong royong adalah tradisi bangsa Indonesia yang mengutamakan kebersamaan. Tujuannya adalah meringankan pekerjaan dengan melibatkan banyak orang, bukan untuk pamer, mencari untung, atau menambah beban.

  4. Contoh kegiatan yang mencerminkan semangat persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah adalah…
    a. Menghindari teman yang berbeda latar belakang
    b. Mengabaikan teman yang kesulitan belajar
    c. Melaksanakan piket kelas bersama-sama
    d. Membeda-bedakan teman saat bermain

    Pembahasan: Persatuan dan kesatuan di sekolah tercermin dalam kegiatan yang melibatkan semua siswa secara adil dan saling membantu. Piket kelas bersama adalah contoh nyata kerjasama. Menghindari, mengabaikan, atau membeda-bedakan justru merusak semangat persatuan.

  5. Lambang negara Indonesia yang melambangkan keberanian dan kekuatan adalah…
    a. Pohon Beringin
    b. Padi dan Kapas
    c. Burung Garuda
    d. Bintang

    Pembahasan: Burung Garuda adalah lambang negara Indonesia yang dikenal dengan kekuatan dan keberaniannya. Pohon Beringin melambangkan persatuan, Padi dan Kapas melambangkan kemakmuran dan kesejahteraan, sedangkan Bintang melambangkan Ketuhanan Yang Maha Esa.

  6. Peraturan yang dibuat oleh pemerintah untuk mengatur kehidupan masyarakat disebut…
    a. Adat istiadat
    b. Norma
    c. Undang-undang
    d. Kebiasaan

    Pembahasan: Undang-undang adalah peraturan tertulis yang dibuat oleh lembaga negara yang berwenang untuk mengatur segala aspek kehidupan masyarakat dan bersifat mengikat. Norma adalah kaidah atau aturan yang berlaku dalam masyarakat, namun tidak selalu tertulis dan mengikat secara hukum seperti undang-undang.

  7. Salah satu hak anak di rumah adalah…
    a. Membantu orang tua dalam pekerjaan rumah tangga
    b. Diberi makan dan minum oleh orang tua
    c. Melakukan semua keinginan tanpa persetujuan orang tua
    d. Belajar dengan rajin di sekolah

    Pembahasan: Diberi makan, minum, pakaian, dan kasih sayang adalah hak dasar anak di rumah. Membantu orang tua dan belajar rajin adalah kewajiban, sedangkan melakukan keinginan tanpa persetujuan bisa jadi tidak sesuai dengan norma atau kemampuan.

  8. Kewajiban anak di rumah adalah…
    a. Bermain sepuasnya tanpa memikirkan tugas
    b. Menuruti nasihat orang tua
    c. Meminta uang jajan setiap saat
    d. Tidak mendengarkan aturan sekolah

    Pembahasan: Menuruti nasihat orang tua adalah salah satu bentuk kepatuhan dan kewajiban anak yang menunjukkan rasa hormat dan tanggung jawab. Pilihan lain mencerminkan tindakan yang kurang bertanggung jawab atau egois.

  9. Sikap yang menunjukkan rasa bangga terhadap produk dalam negeri adalah…
    a. Membeli barang-barang dari luar negeri saja
    b. Meremehkan produk buatan Indonesia
    c. Mengutamakan membeli produk lokal
    d. Menjual produk luar negeri lebih mahal

    Pembahasan: Mengutamakan membeli produk lokal secara langsung menunjukkan dukungan dan kebanggaan terhadap hasil karya anak bangsa. Membeli barang luar negeri saja, meremehkan produk Indonesia, atau memanfaatkan produk luar negeri untuk keuntungan pribadi bukanlah sikap bangga terhadap produk dalam negeri.

  10. Jika kita menemukan barang milik teman yang jatuh, sikap yang seharusnya kita lakukan adalah…
    a. Mengambil dan menyimpannya sendiri
    b. Membiarkannya saja karena bukan milik kita
    c. Mengembalikannya kepada teman yang punya
    d. Menunggu teman yang kehilangan mencarinya sendiri

    Pembahasan: Kejujuran adalah nilai penting. Mengembalikan barang yang bukan milik kita adalah tindakan yang benar dan mencerminkan kejujuran. Mengambil, membiarkan, atau menunggu tanpa bertindak adalah sikap yang kurang terpuji.

  11. Peran serta masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan adalah…
    a. Membuang sampah sembarangan
    b. Melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan
    c. Menyumbat saluran air
    d. Menebang pohon sembarangan

    Pembahasan: Kerja bakti adalah salah satu bentuk partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga kebersihan dan kenyamanan lingkungan. Tindakan membuang sampah sembarangan, menyumbat saluran air, atau menebang pohon justru merusak lingkungan.

  12. Peraturan yang dibuat oleh RT/RW untuk mengatur kegiatan di tingkat RT/RW disebut…
    a. Peraturan Daerah
    b. Peraturan Presiden
    c. Peraturan Kepala Desa/Lurah
    d. Peraturan Adat

    Pembahasan: Setiap tingkatan pemerintahan memiliki kewenangan dalam membuat peraturan. Di tingkat RT/RW, peraturan biasanya dibuat oleh Ketua RT/RW atau melalui musyawarah warga, yang bisa dikategorikan sebagai peraturan di tingkat tersebut. Peraturan Daerah dan Peraturan Presiden adalah peraturan di tingkat yang lebih tinggi.

  13. Sikap yang mencerminkan cinta tanah air adalah…
    a. Menggunakan produk impor secara berlebihan
    b. Tidak peduli terhadap sejarah bangsa
    c. Bangga menggunakan bahasa Indonesia
    d. Menjelek-jelekkan negara sendiri

    Pembahasan: Bangga menggunakan bahasa Indonesia adalah salah satu wujud cinta tanah air karena bahasa Indonesia merupakan identitas nasional. Menggunakan produk impor berlebihan, tidak peduli sejarah, atau menjelek-jelekkan negara justru bertentangan dengan cinta tanah air.

  14. Keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekolah sebaiknya disikapi dengan…
    a. Pengabaian
    b. Diskriminasi
    c. Saling menghargai
    d. Pengucilan

    Pembahasan: Sekolah adalah tempat berkumpulnya siswa dengan berbagai latar belakang dan karakteristik. Menghargai perbedaan antarindividu adalah kunci untuk menciptakan lingkungan belajar yang harmonis dan positif.

  15. Salah satu contoh kewajiban warga negara Indonesia adalah…
    a. Mendapatkan pendidikan gratis
    b. Membayar pajak tepat waktu
    c. Menggunakan fasilitas umum
    d. Mendapatkan jaminan kesehatan

    Pembahasan: Membayar pajak adalah salah satu kewajiban fundamental setiap warga negara yang berkontribusi pada pembangunan negara. Mendapatkan pendidikan, fasilitas umum, dan jaminan kesehatan adalah hak warga negara.

See also  Soal UAS PJOK Kasti Kelas 4 SD

Bagian B: Esai Singkat

  1. Sebutkan tiga contoh keragaman suku bangsa yang ada di Indonesia!
    Jawaban: Tiga contoh keragaman suku bangsa di Indonesia adalah suku Jawa, suku Sunda, dan suku Batak. (Jawaban lain yang relevan seperti suku Minangkabau, suku Dayak, suku Bugis, dll. juga diterima).

    Pembahasan: Soal ini menguji pemahaman siswa tentang kekayaan suku bangsa di Indonesia. Siswa diharapkan menyebutkan nama-nama suku bangsa yang dikenal.

  2. Jelaskan mengapa sikap toleransi penting dalam kehidupan bermasyarakat!
    Jawaban: Sikap toleransi penting karena dapat menciptakan kerukunan, kedamaian, dan keharmonisan dalam masyarakat yang beragam. Dengan bertoleransi, perbedaan suku, agama, ras, dan antargolongan tidak akan menjadi sumber konflik, melainkan menjadi kekuatan.

    Pembahasan: Toleransi adalah kunci utama dalam menjaga keutuhan bangsa yang majemuk. Penjelasan harus mencakup bagaimana toleransi mencegah konflik dan membangun harmoni.

  3. Apa yang dimaksud dengan gotong royong? Berikan satu contoh kegiatannya!
    Jawaban: Gotong royong adalah kerja bakti atau musyawarah untuk mufakat yang dilakukan bersama-sama demi kepentingan bersama. Contoh kegiatannya adalah kerja bakti membersihkan lingkungan kampung, membangun jembatan, atau membantu tetangga yang sedang hajatan.

    Pembahasan: Definisi gotong royong yang tepat dan contoh kegiatannya yang relevan akan menunjukkan pemahaman siswa tentang konsep ini.

  4. Sebutkan dua hak anak di sekolah!
    Jawaban: Dua hak anak di sekolah adalah:
    a. Mendapatkan pelajaran dari guru.
    b. Mendapatkan perlakuan yang adil dari guru dan teman.
    (Jawaban lain yang relevan seperti: mendapatkan rasa aman, menggunakan fasilitas sekolah, dll. juga diterima).

    Pembahasan: Hak anak di sekolah harus dipahami agar siswa tahu apa yang seharusnya mereka dapatkan dalam lingkungan belajar.

  5. Mengapa kita perlu bangga menggunakan bahasa Indonesia?
    Jawaban: Kita perlu bangga menggunakan bahasa Indonesia karena bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan yang menyatukan seluruh bangsa Indonesia yang memiliki keragaman bahasa daerah. Dengan menggunakan bahasa Indonesia, kita menunjukkan identitas nasional dan rasa cinta tanah air.

    Pembahasan: Jawaban harus menekankan peran bahasa Indonesia sebagai pemersatu bangsa dan simbol identitas nasional.

See also  Contoh Soal Al-Quran Hadits Kelas 2 MI: Panduan Lengkap

Bagian C: Uraian Singkat

  1. Jelaskan makna Bhinneka Tunggal Ika bagi bangsa Indonesia!
    Jawaban: Bhinneka Tunggal Ika adalah semboyan negara Indonesia yang berarti "Berbeda-beda tetapi tetap satu". Makna semboyan ini adalah meskipun bangsa Indonesia terdiri dari berbagai macam suku bangsa, budaya, bahasa, agama, dan adat istiadat yang berbeda, namun tetap satu sebagai satu bangsa, yaitu bangsa Indonesia. Semboyan ini mengajarkan kita untuk menghargai dan merayakan keragaman, serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

    Pembahasan: Jawaban harus mencakup arti harfiah semboyan, implikasinya terhadap keragaman Indonesia, dan pesan pentingnya dalam menjaga persatuan.

  2. Bagaimana cara menjaga kelestarian budaya daerah di tengah arus globalisasi? Berikan dua contoh!
    Jawaban: Cara menjaga kelestarian budaya daerah di tengah arus globalisasi antara lain:
    a. Mempelajari dan melestarikan seni tradisional: Siswa dapat aktif mengikuti sanggar seni tari, musik, atau drama tradisional. Sekolah dapat mengadakan pentas seni budaya daerah secara rutin.
    b. Menggunakan produk-produk kerajinan daerah: Membeli dan menggunakan batik, ukiran, atau kerajinan tangan dari daerah masing-masing sebagai bentuk dukungan terhadap pengrajin lokal dan promosi budaya.
    c. Mengadakan festival atau perayaan budaya: Pemerintah daerah atau masyarakat dapat mengadakan acara yang menampilkan kekayaan budaya daerah seperti festival kuliner, pameran seni, atau parade budaya.
    d. Mengajarkan bahasa daerah kepada generasi muda: Orang tua dan guru berperan penting dalam mengajarkan bahasa daerah agar tidak punah.

    Pembahasan: Jawaban harus menunjukkan pemahaman tentang tantangan globalisasi terhadap budaya lokal dan memberikan solusi konkret yang dapat diterapkan, baik oleh individu maupun institusi.

  3. Jelaskan pentingnya peraturan perundang-undangan dalam kehidupan bernegara!
    Jawaban: Peraturan perundang-undangan sangat penting dalam kehidupan bernegara karena berfungsi untuk:
    a. Menciptakan ketertiban dan keteraturan: Peraturan mengatur hak dan kewajiban setiap warga negara, sehingga tercipta kehidupan yang tertib dan tidak semrawut.
    b. Melindungi hak asasi manusia: Peraturan perundang-undangan menjamin dan melindungi hak-hak dasar setiap warga negara, seperti hak hidup, hak kebebasan berpendapat, dan hak mendapatkan perlindungan hukum.
    c. Menyelesaikan perselisihan: Peraturan memberikan dasar hukum untuk menyelesaikan perselisihan yang mungkin timbul antarindividu atau antara individu dengan negara.
    d. Mewujudkan keadilan: Dengan adanya peraturan yang jelas dan adil, diharapkan semua warga negara mendapatkan perlakuan yang sama di mata hukum.
    e. Mencapai tujuan negara: Peraturan perundang-undangan menjadi landasan untuk melaksanakan pembangunan dan mencapai cita-cita bangsa.

    Pembahasan: Jawaban harus menguraikan berbagai fungsi fundamental peraturan perundang-undangan dalam sebuah negara, mulai dari ketertiban hingga pencapaian tujuan negara.

  4. Apa saja manfaat yang dapat diperoleh anak jika ia memiliki sikap disiplin di sekolah?
    Jawaban: Manfaat yang dapat diperoleh anak jika memiliki sikap disiplin di sekolah antara lain:
    a. Mencapai prestasi belajar yang baik: Siswa yang disiplin cenderung rajin belajar, mengerjakan tugas tepat waktu, dan memperhatikan pelajaran, yang semuanya berkontribusi pada pencapaian akademik yang lebih baik.
    b. Membentuk karakter positif: Disiplin membantu anak mengembangkan sikap tanggung jawab, ketekunan, dan kemandirian.
    c. Mendapatkan rasa hormat dari guru dan teman: Anak yang disiplin biasanya lebih dihargai oleh lingkungan sekolahnya.
    d. Menghindari masalah atau hukuman: Dengan mematuhi aturan, anak dapat terhindar dari teguran atau sanksi dari guru.
    e. Terbiasa tertib dalam kehidupan sehari-hari: Kebiasaan disiplin di sekolah akan terbawa hingga ke kehidupan di luar sekolah, membentuk pribadi yang teratur.

    Pembahasan: Jawaban harus mengaitkan sikap disiplin dengan dampak positif yang dirasakan siswa, baik dalam aspek akademis, karakter, maupun sosial di lingkungan sekolah.

  5. Jelaskan pentingnya menjaga kerukunan antarumat beragama di Indonesia!
    Jawaban: Menjaga kerukunan antarumat beragama di Indonesia sangatlah penting karena:
    a. Indonesia adalah negara yang mengakui enam agama resmi: Kerukunan antarumat beragama adalah wujud nyata dari Pancasila, terutama sila pertama, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, yang juga dilambangkan dengan bintang. Keberagaman agama merupakan kekayaan bangsa yang harus dijaga.
    b. Mencegah perpecahan dan konflik: Tanpa kerukunan, perbedaan agama dapat menjadi pemicu konflik SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan) yang dapat mengancam keutuhan bangsa.
    c. Menciptakan suasana damai dan harmonis: Kehidupan yang harmonis antarumat beragama memungkinkan masyarakat untuk hidup berdampingan secara damai, saling menghormati, dan bekerja sama dalam kebaikan.
    d. Menunjukkan citra positif Indonesia di mata dunia: Kerukunan antarumat beragama di Indonesia menjadi contoh bagi negara lain yang juga memiliki keragaman agama.

    Pembahasan: Jawaban harus merinci alasan-alasan krusial mengapa kerukunan antarumat beragama menjadi prioritas dalam konteks Indonesia, termasuk kaitannya dengan Pancasila, pencegahan konflik, dan penciptaan kedamaian.

See also  Contoh Soal Pecahan SD Kelas 4: Panduan Lengkap

Kunci Jawaban Bagian A: Pilihan Ganda

  1. c
  2. c
  3. b
  4. c
  5. c
  6. c
  7. b
  8. b
  9. c
  10. c
  11. b
  12. c (Catatan: Peraturan di tingkat RT/RW bisa jadi merupakan bagian dari Peraturan Kepala Desa/Lurah atau Peraturan Desa/Kelurahan yang lebih luas, namun dalam konteks pilihan ini, Peraturan Kepala Desa/Lurah adalah yang paling mendekati untuk level peraturan yang dibuat di tingkat tersebut.)
  13. c
  14. c
  15. b

Kunci Jawaban Bagian B: Esai Singkat

  1. Tiga contoh keragaman suku bangsa di Indonesia adalah suku Jawa, suku Sunda, dan suku Batak. (Jawaban lain yang relevan juga diterima).
  2. Sikap toleransi penting karena dapat menciptakan kerukunan, kedamaian, dan keharmonisan dalam masyarakat yang beragam.
  3. Gotong royong adalah kerja bakti atau musyawarah untuk mufakat yang dilakukan bersama-sama demi kepentingan bersama. Contohnya: kerja bakti membersihkan lingkungan.
  4. Dua hak anak di sekolah adalah: a. Mendapatkan pelajaran dari guru. b. Mendapatkan perlakuan yang adil dari guru dan teman. (Jawaban lain yang relevan juga diterima).
  5. Kita perlu bangga menggunakan bahasa Indonesia karena bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan yang menyatukan seluruh bangsa Indonesia yang memiliki keragaman bahasa daerah.

Kunci Jawaban Bagian C: Uraian Singkat

  1. Bhinneka Tunggal Ika berarti "Berbeda-beda tetapi tetap satu". Maknanya adalah meskipun Indonesia terdiri dari berbagai suku, budaya, bahasa, dan agama yang berbeda, namun tetap satu sebagai bangsa Indonesia. Semboyan ini mengajarkan untuk menghargai keragaman dan menjaga persatuan.
  2. Cara menjaga kelestarian budaya daerah di tengah arus globalisasi:
    a. Mempelajari dan melestarikan seni tradisional (misal: mengikuti sanggar tari).
    b. Menggunakan produk-produk kerajinan daerah (misal: membeli batik).
    (Jawaban lain yang relevan juga diterima).
  3. Pentingnya peraturan perundang-undangan dalam kehidupan bernegara adalah untuk menciptakan ketertiban, melindungi hak asasi manusia, menyelesaikan perselisihan, mewujudkan keadilan, dan mencapai tujuan negara.
  4. Manfaat sikap disiplin di sekolah bagi anak: a. Mencapai prestasi belajar yang baik. b. Membentuk karakter positif (tanggung jawab, kemandirian). c. Mendapatkan rasa hormat. d. Menghindari masalah. (Jawaban lain yang relevan juga diterima).
  5. Pentingnya menjaga kerukunan antarumat beragama di Indonesia karena Indonesia memiliki enam agama resmi, untuk mencegah perpecahan dan konflik, menciptakan suasana damai dan harmonis, serta menunjukkan citra positif Indonesia di mata dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *