
Contoh Soal Kelas 6 Tema 3: Tokoh dan Penemuan
A. Subtema 1: Penemu yang Mengubah Dunia
Muatan Pelajaran: Bahasa Indonesia
-
Kompetensi Dasar (KD):
- 3.2 Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca.
- 4.2 Menyajikan hasil penggalian informasi dari teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah secara lisan, tulis, dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
-
Indikator:
- Mengidentifikasi informasi penting dalam teks eksplanasi.
- Menyusun informasi penting dalam bentuk peta pikiran.
- Menulis ringkasan teks eksplanasi dengan bahasa sendiri.
-
Contoh Soal:
-
Bacalah teks berikut dengan saksama:
Listrik, Sumber Energi Utama
Listrik adalah salah satu bentuk energi yang sangat penting dalam kehidupan modern. Penemuan listrik telah mengubah peradaban manusia secara drastis. Hampir semua kegiatan kita sehari-hari bergantung pada listrik, mulai dari penerangan, transportasi, komunikasi, hingga industri.
Listrik dihasilkan melalui berbagai cara, seperti pembangkit listrik tenaga air (PLTA), pembangkit listrik tenaga uap (PLTU), pembangkit listrik tenaga surya (PLTS), dan pembangkit listrik tenaga angin (PLTB). Setiap jenis pembangkit memiliki prinsip kerja yang berbeda, tetapi tujuannya sama, yaitu mengubah energi dari sumber alam menjadi energi listrik.
Energi listrik kemudian disalurkan melalui jaringan transmisi dan distribusi hingga sampai ke rumah-rumah, kantor, pabrik, dan tempat-tempat lainnya. Di tempat-tempat tersebut, listrik digunakan untuk menjalankan berbagai peralatan elektronik, seperti lampu, televisi, komputer, kulkas, dan mesin-mesin industri.
Namun, penggunaan listrik juga memiliki dampak negatif terhadap lingkungan. Pembangkit listrik tenaga fosil, seperti PLTU, menghasilkan emisi gas rumah kaca yang berkontribusi terhadap perubahan iklim. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menggunakan listrik secara bijak dan mengembangkan sumber energi listrik yang lebih ramah lingkungan.
a. Tuliskan informasi penting dari setiap paragraf dalam teks tersebut!
b. Buatlah peta pikiran berdasarkan informasi penting yang telah kamu temukan!
c. Buatlah ringkasan teks tersebut dengan menggunakan bahasamu sendiri (maksimal 5 kalimat)! -
Apa yang dimaksud dengan teks eksplanasi? Jelaskan ciri-ciri teks eksplanasi!
-
Sebutkan contoh kosakata baku yang terdapat dalam teks di atas! Ubahlah kosakata tidak baku berikut menjadi kosakata baku: "merubah", "dipake", "nggak".
-
-
-
Muatan Pelajaran: IPA
-
Kompetensi Dasar (KD):
- 3.4 Mengidentifikasi rangkaian listrik seri dan paralel.
- 4.4 Membuat rangkaian listrik seri dan paralel.
-
Indikator:
- Menjelaskan perbedaan rangkaian listrik seri dan paralel.
- Mengidentifikasi komponen-komponen rangkaian listrik.
- Membuat rangkaian listrik seri dan paralel sederhana.
-
Contoh Soal:
-
Jelaskan perbedaan antara rangkaian listrik seri dan rangkaian listrik paralel! Gambarlah contoh rangkaian seri dan paralel sederhana!
-
Sebutkan komponen-komponen yang dibutuhkan untuk membuat sebuah rangkaian listrik sederhana! Jelaskan fungsi masing-masing komponen tersebut!
-
Jika sebuah lampu dalam rangkaian seri mati, apa yang akan terjadi pada lampu-lampu lainnya dalam rangkaian tersebut? Jelaskan! Bagaimana jika hal yang sama terjadi pada rangkaian paralel?
-
Sebuah rangkaian listrik terdiri dari tiga buah lampu yang disusun secara paralel. Jika tegangan sumber listrik adalah 6 volt, berapakah tegangan pada setiap lampu?
-
-
-
Muatan Pelajaran: IPS
-
Kompetensi Dasar (KD):
- 3.2 Menganalisis perubahan sosial budaya dalam kehidupan masyarakat Indonesia modern terkait dengan penemuan baru.
- 4.2 Menyajikan hasil analisis mengenai perubahan sosial budaya dalam kehidupan masyarakat Indonesia modern terkait dengan penemuan baru.
-
Indikator:
- Mengidentifikasi dampak positif dan negatif penemuan baru terhadap kehidupan sosial budaya masyarakat.
- Memberikan contoh perubahan sosial budaya akibat penemuan baru.
- Menjelaskan sikap yang perlu dikembangkan dalam menghadapi perubahan sosial budaya.
-
Contoh Soal:
-
Berikan contoh penemuan baru yang telah mengubah kehidupan sosial budaya masyarakat Indonesia! Jelaskan dampak positif dan negatif dari penemuan tersebut!
-
Bagaimana penemuan internet telah memengaruhi cara masyarakat Indonesia berkomunikasi dan berinteraksi?
-
Sebutkan sikap-sikap yang perlu dikembangkan dalam menghadapi perubahan sosial budaya akibat penemuan baru! Mengapa sikap-sikap tersebut penting?
-
Bagaimana cara melestarikan budaya tradisional Indonesia di tengah arus modernisasi akibat penemuan baru?
-
-
B. Subtema 2: Penemuan dan Manfaatnya
-
Muatan Pelajaran: Bahasa Indonesia
-
Kompetensi Dasar (KD): Sama dengan Subtema 1.
-
Indikator: Sama dengan Subtema 1.
-
Contoh Soal:
-
Bacalah teks berikut dengan saksama:
Televisi, Jendela Dunia
Televisi adalah salah satu penemuan paling berpengaruh di abad ke-20. Penemuan televisi telah mengubah cara manusia mendapatkan informasi dan hiburan. Melalui televisi, kita dapat menyaksikan berbagai peristiwa yang terjadi di seluruh dunia, mempelajari budaya-budaya asing, dan menikmati berbagai program hiburan yang menarik.
Televisi bekerja dengan cara mengubah sinyal elektronik menjadi gambar dan suara. Sinyal elektronik ini dipancarkan dari stasiun televisi dan ditangkap oleh antena televisi di rumah-rumah. Kemudian, televisi akan memproses sinyal tersebut dan menampilkannya di layar sebagai gambar dan suara.
Namun, televisi juga memiliki dampak negatif. Terlalu banyak menonton televisi dapat menyebabkan kurangnya aktivitas fisik, gangguan tidur, dan paparan terhadap konten yang tidak sesuai. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menonton televisi secara bijak dan memilih program-program yang bermanfaat.
a. Tuliskan informasi penting dari setiap paragraf dalam teks tersebut!
b. Buatlah peta pikiran berdasarkan informasi penting yang telah kamu temukan!
c. Buatlah ringkasan teks tersebut dengan menggunakan bahasamu sendiri (maksimal 5 kalimat)! -
Jelaskan perbedaan antara fakta dan opini! Berikan contoh fakta dan opini yang terdapat dalam teks di atas!
-
Buatlah kalimat efektif berdasarkan kata-kata berikut: "televisi", "informasi", "hiburan", "bijak".
-
-
-
Muatan Pelajaran: IPA
-
Kompetensi Dasar (KD):
- 3.5 Mengidentifikasi komponen-komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik.
- 4.5 Melakukan percobaan rangkaian listrik sederhana.
-
Indikator:
- Menyebutkan komponen-komponen listrik dan fungsinya.
- Menjelaskan fungsi saklar dalam rangkaian listrik.
- Merancang dan membuat rangkaian listrik sederhana dengan saklar.
-
Contoh Soal:
-
Sebutkan komponen-komponen listrik yang kamu ketahui! Jelaskan fungsi masing-masing komponen tersebut!
-
Apa fungsi saklar dalam rangkaian listrik? Jelaskan cara kerja saklar!
-
Gambarlah rancangan rangkaian listrik sederhana yang terdiri dari baterai, lampu, saklar, dan kabel! Jelaskan cara kerja rangkaian tersebut!
-
Mengapa kabel listrik biasanya dilapisi dengan bahan isolator? Jelaskan!
-
-
-
Muatan Pelajaran: IPS
-
Kompetensi Dasar (KD): Sama dengan Subtema 1.
-
Indikator: Sama dengan Subtema 1.
-
Contoh Soal:
-
Bagaimana penemuan telepon seluler (handphone) telah memengaruhi kehidupan ekonomi masyarakat Indonesia?
-
Berikan contoh dampak positif dan negatif dari penggunaan media sosial terhadap interaksi sosial masyarakat!
-
Bagaimana cara memanfaatkan penemuan teknologi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia?
-
Mengapa penting bagi kita untuk memiliki sikap kritis terhadap informasi yang kita terima melalui media massa?
-
-
C. Subtema 3: Ayo, Menjadi Penemu
-
Muatan Pelajaran: Bahasa Indonesia
-
Kompetensi Dasar (KD):
- 3.3 Menganalisis isi teks pidato persuasif.
- 4.3 Menyampaikan pidato persuasif tentang ajakan untuk melakukan sesuatu dengan alasan yang mendukung dari sudut pandang tertentu.
-
Indikator:
- Mengidentifikasi struktur teks pidato persuasif.
- Menulis teks pidato persuasif sederhana.
- Menyampaikan pidato persuasif dengan percaya diri.
-
Contoh Soal:
-
Jelaskan struktur teks pidato persuasif! Sebutkan bagian-bagiannya dan jelaskan fungsi masing-masing bagian tersebut!
-
Tulislah teks pidato persuasif dengan tema "Pentingnya Pendidikan bagi Masa Depan Bangsa"!
-
Berikan contoh kalimat persuasif yang efektif untuk mengajak orang lain melakukan sesuatu!
-
Apa yang dimaksud dengan intonasi dan artikulasi dalam berpidato? Mengapa intonasi dan artikulasi penting dalam menyampaikan pidato?
-
-
-
Muatan Pelajaran: IPA
-
Kompetensi Dasar (KD):
- 3.6 Menganalisis cara menyalurkan energi listrik dari sumber energi listrik ke berbagai alat elektronik.
- 4.6 Menyajikan laporan hasil percobaan tentang cara menyalurkan energi listrik.
-
Indikator:
- Menjelaskan cara menyalurkan energi listrik dari pembangkit listrik ke rumah-rumah.
- Mengidentifikasi bahan-bahan yang dapat menghantarkan listrik dengan baik (konduktor) dan bahan-bahan yang tidak dapat menghantarkan listrik (isolator).
- Melakukan percobaan untuk menguji kemampuan berbagai bahan dalam menghantarkan listrik.
-
Contoh Soal:
-
Jelaskan bagaimana energi listrik disalurkan dari pembangkit listrik hingga sampai ke rumah-rumah! Sebutkan tahapan-tahapannya!
-
Apa yang dimaksud dengan konduktor dan isolator? Berikan contoh bahan-bahan yang termasuk konduktor dan isolator!
-
Mengapa kabel listrik terbuat dari tembaga yang dilapisi dengan plastik? Jelaskan!
-
Rancanglah sebuah percobaan sederhana untuk menguji kemampuan berbagai bahan dalam menghantarkan listrik! Tuliskan langkah-langkah percobaan, alat dan bahan yang dibutuhkan, serta hasil pengamatanmu!
-
-
-
Muatan Pelajaran: IPS
-
Kompetensi Dasar (KD): Sama dengan Subtema 1 dan 2.
-
Indikator: Sama dengan Subtema 1 dan 2.
-
Contoh Soal:
-
Berikan contoh penemuan yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat di sekitarmu! Jelaskan manfaat dari penemuan tersebut!
-
Apa yang dapat kamu lakukan untuk menjadi seorang penemu yang bermanfaat bagi masyarakat?
-
Bagaimana cara mengatasi dampak negatif dari penemuan teknologi di lingkungan sekitarmu?
-
Mengapa penting untuk menghargai hak cipta dari sebuah penemuan? Jelaskan!
-
-