Contoh Soal UTS Bahasa Arab Kelas 3 MI Semester 2
I. Pemahaman Struktur Bahasa Arab Dasar
Isim (Kata Benda)
-
Soal: Tuliskan 5 contoh isim mudzakkar (kata benda maskulin) yang kamu ketahui beserta artinya.
- Contoh Jawaban:
- كِتَابٌ (kitabun): Buku
- قَلَمٌ (qalamun): Pena
- مَسْجِدٌ (masjidun): Masjid
- بَابٌ (babun): Pintu
- مُدَرِّسٌ (mudarrisun): Guru (laki-laki)
- Contoh Jawaban:
-
Soal: Ubahlah isim mudzakkar berikut menjadi isim muannats (kata benda feminin) dengan menambahkan ta’ marbutah (ة): مُعَلِّمٌ (mu’allimun – guru laki-laki).
- Jawaban: مُعَلِّمَةٌ (mu’allimatun – guru perempuan)
-
Soal: Sebutkan 3 contoh isim isyarah (kata tunjuk) untuk jarak dekat dan jauh beserta contoh penggunaannya dalam kalimat sederhana.
- Contoh Jawaban:
- Jarak Dekat:
- هَذَا (hadza): Ini (untuk mudzakkar) – Contoh: هَذَا كِتَابٌ (hadza kitabun: Ini buku)
- هَذِهِ (hadzihi): Ini (untuk muannats) – Contoh: هَذِهِ سَبُّوْرَةٌ (hadzihi sabbuuratun: Ini papan tulis)
- Jarak Jauh:
- ذَلِكَ (dzalika): Itu (untuk mudzakkar) – Contoh: ذَلِكَ مَسْجِدٌ (dzalika masjidun: Itu masjid)
- تِلْكَ (tilka): Itu (untuk muannats) – Contoh: تِلْكَ مَدْرَسَةٌ (tilka madrasatun: Itu sekolah)
- Jarak Dekat:
- Contoh Jawaban:
-
-
Fi’il (Kata Kerja)
-
Soal: Identifikasi fi’il madhi (kata kerja lampau) dan fi’il mudhari’ (kata kerja sekarang/akan datang) dalam kalimat berikut: "يَذْهَبُ أَحْمَدُ إِلَى الْمَدْرَسَةِ" (Yadzhabu Ahmadu ila al-madrasati – Ahmad pergi ke sekolah).
- Jawaban:
- Fi’il Mudhari’: يَذْهَبُ (yadzhabu – pergi)
- Jawaban:
-
Soal: Ubahlah fi’il mudhari’ "يَكْتُبُ" (yaktubu – menulis) menjadi fi’il madhi.
- Jawaban: كَتَبَ (kataba – telah menulis)
-
Soal: Buatlah kalimat sederhana menggunakan fi’il amr (kata kerja perintah) "اِقْرَأْ" (iqra’ – bacalah!).
- Contoh Jawaban: اِقْرَأْ الْكِتَابَ (iqra’ al-kitaba – Bacalah buku itu!)
-
-
Huruf (Kata Tugas)
-
Soal: Sebutkan 3 contoh huruf jar (preposisi) beserta artinya.
- Contoh Jawaban:
- فِي (fi): Di dalam
- عَلَى (ala): Di atas
- إِلَى (ila): Ke
- Contoh Jawaban:
-
Soal: Lengkapi kalimat berikut dengan huruf jar yang tepat: "ذَهَبْتُ … الْمَسْجِدِ" (dzahabtu … al-masjidi – Saya pergi … masjid).
- Jawaban: ذَهَبْتُ إِلَى الْمَسْجِدِ (dzahabtu ila al-masjidi – Saya pergi ke masjid).
-
II. Mufrodat (Kosakata)
-
Anggota Tubuh
-
Soal: Sebutkan nama-nama anggota tubuh berikut dalam bahasa Arab: Mata, Hidung, Telinga, Mulut, Tangan, Kaki.
- Jawaban:
- Mata: عَيْنٌ (ainun)
- Hidung: أَنْفٌ (anfun)
- Telinga: أُذُنٌ (udzunun)
- Mulut: فَمٌ (famun)
- Tangan: يَدٌ (yadun)
- Kaki: رِجْلٌ (rijlun)
- Jawaban:
-
Soal: Tuliskan arti dari kosakata berikut: رَأْسٌ (ra’sun), شَعْرٌ (sya’run), وَجْهٌ (wajhun).
- Jawaban:
- رَأْسٌ (ra’sun): Kepala
- شَعْرٌ (sya’run): Rambut
- وَجْهٌ (wajhun): Wajah
- Jawaban:
-
-
Peralatan Sekolah
-
Soal: Sebutkan 5 nama peralatan sekolah dalam bahasa Arab.
- Contoh Jawaban:
- قَلَمٌ (qalamun): Pena
- كِتَابٌ (kitabun): Buku
- مِمْحَاةٌ (mimhatun): Penghapus
- مِسْطَرَةٌ (mistaratun): Penggaris
- حَقِيْبَةٌ (haqiibatun): Tas
- Contoh Jawaban:
-
Soal: Lengkapi kalimat berikut dengan kosakata yang tepat: "أَضَعُ الْكِتَابَ فِي … " (Adha’u al-kitaba fi … – Saya meletakkan buku di dalam …).
- Jawaban: أضَعُ الْكِتَابَ فِي الْحَقِيْبَةِ (Adha’u al-kitaba fi al-haqiibati – Saya meletakkan buku di dalam tas).
-
-
Warna
-
Soal: Sebutkan 3 nama warna dalam bahasa Arab beserta contoh benda yang memiliki warna tersebut.
- Contoh Jawaban:
- أَحْمَرُ (ahmaru): Merah – Contoh: وَرْدَةٌ حَمْرَاءُ (wardatun hamraa’u – mawar merah)
- أَخْضَرُ (akhdharu): Hijau – Contoh: شَجَرَةٌ خَضْرَاءُ (syajaratun khadhraa’u – pohon hijau)
- أَزْرَقُ (azraqu): Biru – Contoh: سَمَاءٌ زَرْقَاءُ (samaa’un zarqaa’u – langit biru)
- Contoh Jawaban:
-
Soal: Apa warna dari papan tulis di kelasmu dalam bahasa Arab?
- Jawaban: Jawaban akan bervariasi tergantung warna papan tulis di kelas masing-masing siswa. Misalnya: سَبُّوْرَةٌ سَوْدَاءُ (sabbuuratun sawdaa’u – papan tulis hitam) atau سَبُّوْرَةٌ خَضْرَاءُ (sabbuuratun khadhraa’u – papan tulis hijau).
-
III. Penerapan dalam Kalimat Sederhana
-
Soal: Terjemahkan kalimat berikut ke dalam bahasa Arab: "Saya suka membaca buku."
- Jawaban: أُحِبُّ قِرَاءَةَ الْكِتَابِ (Uhibbu qira’ata al-kitabi)
-
Soal: Susunlah kata-kata berikut menjadi kalimat yang benar: الْمَدْرَسَةُ – إِلَى – أَذْهَبُ – أَنَا.
- Jawaban: أَذْهَبُ أَنَا إِلَى الْمَدْرَسَةِ (Adzhabu ana ila al-madrasati – Saya pergi ke sekolah).
-
Soal: Buatlah kalimat sederhana yang menggambarkan kegiatanmu di pagi hari sebelum berangkat ke sekolah.
- Contoh Jawaban: أَسْتَيْقِظُ مُبَكِّرًا وَأُصَلِّي الْفَجْرَ ثُمَّ أَذْهَبُ إِلَى الْمَدْرَسَةِ (Astaiqizhu mubakkiran wa ushalli al-fajra tsumma adzhabu ila al-madrasati – Saya bangun pagi-pagi dan shalat subuh kemudian pergi ke sekolah).
IV. Pemahaman Teks Sederhana
-
Petunjuk: Bacalah teks berikut dengan seksama, kemudian jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawahnya.
(Teks akan diberikan contoh pendek dan sederhana tentang kegiatan sehari-hari seorang siswa, misalnya: bangun tidur, sarapan, pergi ke sekolah, belajar di kelas, bermain dengan teman, pulang ke rumah, dan belajar di rumah).
Contoh Teks:
اِسْمِيْ عَلِيٌّ. أَسْكُنُ فِيْ بَيْتٍ قَرِيْبٍ مِنَ الْمَدْرَسَةِ. أَسْتَيْقِظُ كُلَّ يَوْمٍ فِيْ السَّاعَةِ الْخَامِسَةِ صَبَاحًا. بَعْدَ ذَلِكَ أُصَلِّي الْفَجْرَ. ثُمَّ أَتَنَاوَلُ الْفُطُوْرَ مَعَ أُسْرَتِيْ. فِيْ السَّاعَةِ السَّادِسَةِ وَالنِّصْفِ أَذْهَبُ إِلَى الْمَدْرَسَةِ. أَدْرُسُ مَعَ أَصْدِقَائِيْ فِيْ الْفَصْلِ. بَعْدَ الظُّهْرِ أَرْجِعُ إِلَى الْبَيْتِ وَأَتَنَاوَلُ الْغَدَاءَ. فِيْ الْمَسَاءِ أُذَاكِرُ دُرُوْسِيْ.
(Ismi Aliyyun. Askunu fi baitin qariibin min al-madrasati. Astaiqizhu kullu yaumin fi as-sa’atil khaamisati shabaahan. Ba’da dzalika ushalli al-fajra. Tsumma atanaawalu al-futuura ma’a usratii. Fi as-sa’atis saadisati wan-nisfi adzhabu ila al-madrasati. Adrusu ma’a ashdiqaa’ii fi al-fashli. Ba’da azh-zhuhri arji’u ila al-baiti wa atanaawalu al-ghadaa’a. Fi al-masaa’i udzaakiru duruusi).
(Nama saya Ali. Saya tinggal di rumah yang dekat dengan sekolah. Saya bangun setiap hari jam 5 pagi. Setelah itu saya shalat subuh. Kemudian saya sarapan bersama keluarga saya. Jam 6:30 saya pergi ke sekolah. Saya belajar bersama teman-teman saya di kelas. Setelah dzuhur saya pulang ke rumah dan makan siang. Di malam hari saya mengulang pelajaran saya).
-
Pertanyaan:
- مَا اسْمُ الْوَلَدِ؟ (Ma ismu al-waladi? – Siapa nama anak laki-laki itu?)
- أَيْنَ يَسْكُنُ عَلِيٌّ؟ (Ayna yaskunu Aliyyun? – Di mana Ali tinggal?)
- مَتَى يَسْتَيْقِظُ عَلِيٌّ؟ (Mata yastaiqizhu Aliyyun? – Kapan Ali bangun?)
- مَاذَا يَفْعَلُ عَلِيٌّ بَعْدَ صَلَاةِ الْفَجْرِ؟ (Maadza yaf’alu Aliyyun ba’da shalaati al-fajri? – Apa yang Ali lakukan setelah shalat subuh?)
- مَاذَا يَفْعَلُ عَلِيٌّ فِي الْمَسَاءِ؟ (Maadza yaf’alu Aliyyun fi al-masaa’i? – Apa yang Ali lakukan di malam hari?)
-
Jawaban:
- اِسْمُهُ عَلِيٌّ (Ismuhu Aliyyun – Namanya Ali).
- يَسْكُنُ فِيْ بَيْتٍ قَرِيْبٍ مِنَ الْمَدْرَسَةِ (Yaskunu fi baitin qariibin min al-madrasati – Dia tinggal di rumah yang dekat dengan sekolah).
- يَسْتَيْقِظُ فِيْ السَّاعَةِ الْخَامِسَةِ صَبَاحًا (Yastaiqizhu fi as-sa’atil khaamisati shabaahan – Dia bangun jam 5 pagi).
- يَتَنَاوَلُ الْفُطُوْرَ مَعَ أُسْرَتِهِ (Yatanaawalu al-futuura ma’a usratihi – Dia sarapan bersama keluarganya).
- يُذَاكِرُ دُرُوْسَهُ (Yudzaakiru duruusahu – Dia mengulang pelajarannya).
V. Essay Singkat
-
Soal: Ceritakan tentang kegiatan sehari-harimu di sekolah dalam bahasa Arab (minimal 5 kalimat).
-
Contoh Jawaban:
أَذْهَبُ إِلَى الْمَدْرَسَةِ فِي السَّاعَةِ السَّادِسَةِ صَبَاحًا. أَدْرُسُ مَوَادَّ مُخْتَلِفَةً مِثْلَ اللُّغَةِ الْعَرَبِيَّةِ وَالرِّيَاضِيَّاتِ. أَلْعَبُ مَعَ أَصْدِقَائِيْ فِيْ فَصْحَةِ الظُّهْرِ. أُحِبُّ مُعَلِّمِيْ كَثِيْرًا لِأَنَّهُمْ يُعَلِّمُوْنَنِيْ بِصَبْرٍ. بَعْدَ الظُّهْرِ أَرْجِعُ إِلَى الْبَيْتِ وَأَرْتَاحُ قَلِيْلًا.(Adzhabu ila al-madrasati fi as-sa’atis saadisati shabaahan. Adrusu mawaadda mukhtalifatan mitsla al-lughatil arabiyyati war-riyaadhiyyaati. Al’abu ma’a ashdiqaa’ii fi fashhatizh-zhuhri. Uhibbu mu’allimii katsiiran li annahum yu’allimunanii bisabrin. Ba’da azh-zhuhri arji’u ila al-baiti wa artaahu qaliilan).
(Saya pergi ke sekolah jam 6 pagi. Saya belajar berbagai mata pelajaran seperti bahasa Arab dan matematika. Saya bermain dengan teman-teman saya saat istirahat siang. Saya sangat menyukai guru-guru saya karena mereka mengajari saya dengan sabar. Setelah dzuhur saya pulang ke rumah dan beristirahat sebentar).
-