
RPP IPS Kelas 9: Perubahan Sosial Budaya & Globalisasi
RPP IPS Kelas 9: Perubahan Sosial Budaya & Globalisasi
A. Identitas Sekolah
- Satuan Pendidikan: SMP/MTs
- Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
- Kelas/Semester: IX/Ganjil
- Topik: Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi
- Alokasi Waktu: 6 x 40 menit (3 Pertemuan)
B. Kompetensi Inti
- KI 1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
- KI 2: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
- KI 3: Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
- KI 4: Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
C. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
-
Kompetensi Dasar:
- 3.2 Menganalisis perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi dan globalisasi.
- 4.2 Menyajikan hasil analisis tentang perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi dan globalisasi.
-
Indikator Pencapaian Kompetensi:
-
Pertemuan 1:
- 3.2.1 Menjelaskan pengertian perubahan sosial budaya.
- 3.2.2 Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab perubahan sosial budaya.
- 3.2.3 Memberikan contoh perubahan sosial budaya yang terjadi di masyarakat.
- 4.2.1 Membuat daftar perubahan sosial budaya yang terjadi di lingkungan sekitar.
-
Pertemuan 2:
- 3.2.4 Menganalisis dampak positif dan negatif perubahan sosial budaya.
- 3.2.5 Menjelaskan pengertian modernisasi dan globalisasi.
- 3.2.6 Mengidentifikasi ciri-ciri modernisasi dan globalisasi.
- 4.2.2 Menyajikan hasil analisis dampak perubahan sosial budaya dalam bentuk presentasi.
-
Pertemuan 3:
- 3.2.7 Menganalisis dampak globalisasi terhadap kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya.
- 3.2.8 Memberikan contoh upaya menghadapi dampak negatif globalisasi.
- 4.2.3 Membuat poster tentang upaya melestarikan budaya lokal di era globalisasi.
-
D. Tujuan Pembelajaran
-
Pertemuan 1:
- Melalui kegiatan diskusi dan studi literatur, peserta didik dapat menjelaskan pengertian perubahan sosial budaya dengan benar.
- Melalui kegiatan pengamatan lingkungan sekitar, peserta didik dapat mengidentifikasi faktor-faktor penyebab perubahan sosial budaya dengan tepat.
- Melalui kegiatan curah pendapat, peserta didik dapat memberikan contoh perubahan sosial budaya yang terjadi di masyarakat dengan relevan.
- Melalui penugasan individu, peserta didik dapat membuat daftar perubahan sosial budaya yang terjadi di lingkungan sekitar dengan rinci.
-
Pertemuan 2:
- Melalui kegiatan diskusi kelompok, peserta didik dapat menganalisis dampak positif dan negatif perubahan sosial budaya dengan kritis.
- Melalui kegiatan studi literatur, peserta didik dapat menjelaskan pengertian modernisasi dan globalisasi dengan tepat.
- Melalui kegiatan brainstorming, peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri modernisasi dan globalisasi dengan lengkap.
- Melalui penugasan kelompok, peserta didik dapat menyajikan hasil analisis dampak perubahan sosial budaya dalam bentuk presentasi yang menarik.
-
Pertemuan 3:
- Melalui kegiatan analisis video/berita, peserta didik dapat menganalisis dampak globalisasi terhadap kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya dengan mendalam.
- Melalui kegiatan diskusi kelas, peserta didik dapat memberikan contoh upaya menghadapi dampak negatif globalisasi dengan kreatif.
- Melalui penugasan individu, peserta didik dapat membuat poster tentang upaya melestarikan budaya lokal di era globalisasi dengan inovatif.
E. Materi Pembelajaran
-
Pengertian Perubahan Sosial Budaya:
- Definisi perubahan sosial budaya menurut para ahli.
- Perbedaan antara perubahan sosial dan perubahan budaya.
- Bentuk-bentuk perubahan sosial budaya (perubahan lambat/evolusi, perubahan cepat/revolusi, perubahan kecil, perubahan besar, perubahan yang direncanakan, perubahan yang tidak direncanakan).
-
Faktor-faktor Penyebab Perubahan Sosial Budaya:
- Faktor internal:
- Perubahan jumlah penduduk.
- Penemuan baru.
- Konflik dalam masyarakat.
- Terjadinya pemberontakan atau revolusi.
- Faktor eksternal:
- Pengaruh kebudayaan lain.
- Peperangan.
- Perubahan lingkungan alam.
- Faktor internal:
-
Dampak Perubahan Sosial Budaya:
- Dampak positif:
- Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
- Peningkatan taraf hidup masyarakat.
- Perkembangan demokrasi.
- Emansipasi wanita.
- Dampak negatif:
- Disorganisasi sosial.
- Kesenjangan sosial ekonomi.
- Kriminalitas.
- Pencemaran lingkungan.
- Westernisasi.
- Dampak positif:
-
Modernisasi dan Globalisasi:
- Pengertian modernisasi dan globalisasi.
- Ciri-ciri modernisasi dan globalisasi.
- Perbedaan dan persamaan modernisasi dan globalisasi.
-
Dampak Globalisasi:
- Dampak globalisasi di bidang ekonomi (perdagangan bebas, investasi asing).
- Dampak globalisasi di bidang sosial budaya (pertukaran budaya, gaya hidup).
- Dampak globalisasi di bidang politik (demokratisasi, kerjasama internasional).
-
Upaya Menghadapi Dampak Negatif Globalisasi:
- Memperkuat nilai-nilai agama dan moral.
- Meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
- Memajukan pendidikan.
- Melestarikan budaya lokal.
- Menyaring budaya asing yang masuk.
F. Metode Pembelajaran
- Diskusi
- Studi literatur
- Curah pendapat (brainstorming)
- Presentasi
- Analisis video/berita
- Penugasan individu/kelompok
G. Media dan Alat Pembelajaran
- Papan tulis
- Spidol
- Laptop
- Proyektor
- Internet
- Video/berita terkait perubahan sosial budaya dan globalisasi
- Gambar-gambar contoh perubahan sosial budaya
- Lembar kerja peserta didik (LKPD)
H. Sumber Belajar
- Buku IPS Kelas IX Kurikulum 2013 (Revisi)
- Internet (artikel, video, gambar terkait materi)
- Lingkungan sekitar (sebagai sumber pengamatan perubahan sosial budaya)
- Surat kabar, majalah, dan media massa lainnya
I. Kegiatan Pembelajaran
-
Pertemuan 1 (2 x 40 menit):
-
Pendahuluan (10 menit):
- Guru membuka pelajaran dengan salam dan doa.
- Guru mengecek kehadiran peserta didik.
- Guru memberikan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan tentang perubahan yang pernah dialami peserta didik.
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
-
Kegiatan Inti (60 menit):
- Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok.
- Setiap kelompok membaca materi tentang pengertian perubahan sosial budaya dan faktor-faktor penyebabnya dari buku atau sumber lain.
- Setiap kelompok berdiskusi untuk memahami materi dan menjawab pertanyaan yang ada di LKPD.
- Setiap kelompok melakukan pengamatan lingkungan sekitar untuk mengidentifikasi contoh perubahan sosial budaya.
- Setiap kelompok menuliskan hasil diskusi dan pengamatan dalam bentuk daftar.
- Perwakilan setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.
- Guru memberikan umpan balik dan penguatan terhadap presentasi peserta didik.
-
Penutup (10 menit):
- Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
- Guru memberikan tugas individu untuk membuat daftar perubahan sosial budaya yang terjadi di lingkungan sekitar.
- Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
- Guru menutup pelajaran dengan salam.
-
-
Pertemuan 2 (2 x 40 menit):
-
Pendahuluan (10 menit):
- Guru membuka pelajaran dengan salam dan doa.
- Guru mengecek kehadiran peserta didik.
- Guru mengulas kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
-
Kegiatan Inti (60 menit):
- Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok.
- Setiap kelompok membaca materi tentang dampak perubahan sosial budaya, modernisasi, dan globalisasi dari buku atau sumber lain.
- Setiap kelompok berdiskusi untuk menganalisis dampak positif dan negatif perubahan sosial budaya.
- Setiap kelompok mengidentifikasi ciri-ciri modernisasi dan globalisasi.
- Setiap kelompok menyiapkan presentasi tentang hasil analisis dampak perubahan sosial budaya.
- Setiap kelompok mempresentasikan hasil analisisnya di depan kelas.
- Guru memberikan umpan balik dan penguatan terhadap presentasi peserta didik.
-
Penutup (10 menit):
- Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
- Guru memberikan tugas kelompok untuk membuat presentasi yang lebih menarik tentang dampak perubahan sosial budaya.
- Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
- Guru menutup pelajaran dengan salam.
-
-
Pertemuan 3 (2 x 40 menit):
-
Pendahuluan (10 menit):
- Guru membuka pelajaran dengan salam dan doa.
- Guru mengecek kehadiran peserta didik.
- Guru mengulas kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
-
Kegiatan Inti (60 menit):
- Peserta didik menyaksikan video/berita tentang dampak globalisasi.
- Peserta didik menganalisis dampak globalisasi terhadap kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya.
- Peserta didik berdiskusi tentang upaya menghadapi dampak negatif globalisasi.
- Peserta didik membuat poster tentang upaya melestarikan budaya lokal di era globalisasi.
- Peserta didik mempresentasikan poster yang telah dibuat di depan kelas.
- Guru memberikan umpan balik dan penguatan terhadap presentasi peserta didik.
-
Penutup (10 menit):
- Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
- Guru memberikan tugas individu untuk mengumpulkan informasi tentang budaya lokal yang ada di daerahnya.
- Guru memberikan motivasi kepada peserta didik untuk terus belajar dan melestarikan budaya bangsa.
- Guru menutup pelajaran dengan salam.
-
J. Penilaian
- Sikap: Observasi selama proses pembelajaran (keaktifan, kerjasama, tanggung jawab, disiplin).
- Pengetahuan:
- Tes tertulis (pilihan ganda, uraian)
- Penugasan (LKPD, daftar perubahan sosial budaya, analisis dampak, poster)
- Keterampilan:
- Presentasi
- Diskusi
- Membuat poster
K. Instrumen Penilaian
- Lembar Observasi Sikap: (Terlampir)
- Soal Tes Tertulis: (Terlampir)
- Rubrik Penilaian Presentasi: (Terlampir)
- Rubrik Penilaian Poster: (Terlampir)
(Lampiran: Instrumen Penilaian Sikap, Soal Tes Tertulis, Rubrik Penilaian Presentasi, Rubrik Penilaian Poster)
(Instrumen penilaian dibuat sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik serta materi pembelajaran.)